Peraturan menjadi Moderator di Werewolf Lite Pack Edition
06.01.00
The Moderator
Menjadi moderator dalam permainan Werewolf tentu hal yang mengasyikan karena bisa mengetahui semua alur permainan, namun untuk membuat game penuh dengan "Plot Twist" tentunya moderator harus benar benar menguasai setiap karakter yang digunakan, urutan dibangunkannya karakter, serta efek dari masing-masing karakter, untuk itu kali ini kita akan membahas beberapa hal yang wajib diketahui oleh Moderator.
Urutan membangunkan pemain
Banyak yang bingung tentang bagaimana penyampaian moderator ketika menjadi moderator (god). Untuk itu akan dibahas beberapa contoh penyampaiannya dalam Game Werewolf.
Pada malam pertama, urutan dibangunkannya pemain tidak begitu penting, karena moderator membangunkan hanya untuk mencatat nama pemain serta perannya masing-masing. Dan pada malam pertama ini tidak ada yang mati, dan werewolf pun belum beraksi.
Dimalam kedua setelah pemain berdiskusi di siang hari pertama moderator mulai membangunkan pemain satu persatu, dan urutan membangunkan pemainnya adalah sebagai berikut.
1. Seer
Moderator : "Seer terbangun, dan dengan kekuatan magisnya ia akan mengetahui suatu peran warganya, Seer silakan tunjuk satu pemain".
(Setalah menunjuk satu pemain)
Setelah menunjuk satu pemain maka moderator akan memberikan tanda "V" atau "W". ("V" untuk tanda Good Side, dan "W" untuk tanda Bad Side). Jika pemain yang ditunjuk ternyata seorang No Side dan belum menentukan pihaknya, moderator menganggapnya sebagai Good Side.
Moderator : "Seer silahkan tidur kembali".
2. Guardian
Moderator : "Guardian pun melaksanakan tugasnya, sebelum para werewolf datang ia akan melindungi satu warga desai dari serangan werewolf, Guardian silakan tunjuk satu pemain".
(Setalah menunjuk satu pemain)
Moderator :"Guardian silakan tidur kembali".
3. Politician
Moderator : "Politician hadir untuk membeli satu suara warganya, Politician silahkan beli suara orang yang tidak mau mengikuti keiinginan anda, tunjuk satu orang."
(Setelah menunjuk satu pemain, atau menggelengkan kepala sebagai tanda untuk tidak menggunakan kekuatannya)
Moderator :"Guardian silakan tidur kembali".
4. Sorcerer
Moderator : "Di tengah gelapnya malam sorcerer menggunakan bola kristal ajaibnya untuk mencari Rivalnya, yaitu seer. Dan ia juga mencari temannya sesama Bad Side. Sorcerer silahkan tunjuk satu pemain"
(Setalah menunjuk satu pemain)
Setelah menunjuk satu pemain maka moderator akan memberikan tanda "V" atau "W". ("V" untuk tanda Good Side, dan "W" untuk tanda Bad Side). Jika pemain yang ditunjuk ternyata seorang No Side dan belum menentukan pihaknya, moderator menganggapnya sebagai Good Side. Sedangkan jika yang ditunjuk ternyata adalah seorang Seer, maka moderator akan memberi tanda jempol keatas.
5. Lover
Moderator : "Lover, seseorang yang tidak bisa hidup karena cinta, ia harus memilih cinta matinya, lover silahkan pilih orang yang kau yakini sebagai cinta matimu."
(Jika dibangunkan pada malam berikutnya dan ingin berganti pasangan)
Moderator : "Lover apakah kau tidak meyakini bahwa ia cinta sejatimu? Silahkan pilih pemain yang kau yakini itu"
(Setelah menunjuk satu pemain, atau menggelengkan kepala sebagai tanda untuk tidak menggunakan kekuatannya)
Moderator : "Baiklah lover, silahkan tidur kembali"
6. Werewolf
Moderator : "Salah seorang warga telah berubah menjadi werewolf dan insting buasnya sudah siap untuk memangsa seorang warga, silahkan tunjuk satu pemain yang akan dimangsa"
(Setalah menunjuk satu pemain)
Moderator : "Baiklah werewolf, silahkan tidur kembali"
7. Witch
Moderator : "Witch memiliki kekuatan yang bisa menyembuhkan warganya, atau membunuh warga, apakah kau akan menggunakan kekuatan mu?"
(Jempol keatas berarti YA, jempol kebawah berarti TIDAK)
(Walaupun yang berperan sebagai Priest memberi tanda Jempol kebawah, tetap ajukan pertanyaan berikutnya ini, agar pemain lain tidak mengetahui keputusan priest)
Moderator : "Witch, apakah kau akan membunuh atau mengobati warga yang baru saja diserang?"
(Jempol keatas MENGOBATI pemain yang baru diserang werewolf, sehingga ia tidak mati pada siang harinya, Jempol kebawah berarti ia menggunakan kemampuannya untuk MEMBUNUH satu pemain setalah memberikan jempol kebawah ia menunjuk satu pemain untuk dibunuh).
Moderator : "Baiklah Witch, nampaknya kau kelelahan, silahkan istirahat, tidurlah kembali"
Catatan : Witch hanya bisa menggunakan kekuatannya sekali selama permainan. Jika ia memilih untuk menyembuhkan berarti setalh itu ia kehilangan kekuatannya, begitu juga jika ia memilih untuk membunuh.
8. Spellcaster
Moderator : "Wahai Spellcaster bangunlah, silahkan tunjuk satu pemain untuk kau bungkam di siang hari"
(Setalah menunjuk satu pemain, atau menggelengkan kepala sebagai tanda untuk tidak menggunakan kekuatannya)
Moderator : "Baiklah, semoga kau membungkam orang yang tepat"
9. Shaman
Shaman akan dibangunkan jika sudah ada pemain yang mati dimalam atau siang sebelumnya.
Moderator : "Wahai Shaman, apakah kau ingin megetahui kebenaran seorang warga desa disini?"
(Setalah menunjuk satu pemain)
Moderator membukakan satu pemain yang sudah mati.
Moderator : "Baiklah, semoga kau menemukan orang yang kau cari, sekarang tidurlah kembali"
10. Thief
Biasanya dibangunkan setiap 3 malam
Moderator : "Thief, bangunlah pilihlah satu pemain yang ingin kau tukar kartunya"
(Setalah menunjuk satu pemain, atau menggelengkan kepala sebagai tanda untuk tidak menggunakan kekuatannya)
Moderator : "Baiklah Thief selamat menikmati wajah barumu"
11. Soulkeeper
Dibangunkan setiap 3 malam
Moderator : "Soulkeeper, bangunlah pilihlah sepasang pemain yang ingin kau tukar jiwanya"
(Setalah menunjuk sepasang pemain, atau menggelengkan kepala sebagai tanda untuk tidak menggunakan kekuatannya)
Moderator : "Baiklah selamat menikmati kekacauan yang kau buat"
Setelah semua pemain dibangunkan satu persatu, moderator mengumumkan datangnya siang. Dan mengumumkan kejadian yang terjadi malam tadi.
Contoh isi pengumuman dari moderator
Malam tadi telah berlangsung banyak kejadian, antara lain:
1. Seer telah menemukan lawan/temannya.
2. Guardian berhasil / gagal melindungi warganya.
3. Werewolf berhasil/gagal memakan warga
4. Sorcerer berhasil/gagal menemukan seer. Sorcerer berhasil/gagal menemukan werewol.
5. Ada X pemain yang mati malam tadi, dan mengumumkan pemain yang mati. Pemain yang mati langsung meninggalkan permainan.
Setelah pengumuman dari moderator, para pemain dipersilakan untuk menyampaikan statemen masing-masing terkait kejadian malam sebelumnya (Maks 1 menit).
Setelah beradu argumen setiap pemain jika sepakat untuk melakukan voting, maka dilakukan voting. Jika tidak maka akan lanjut ke malam selanjutnya.
Jika terjadi Voting, maka lakukanlah Initial Voting dan setelah itu Final Voting.
Pemain yang hendak di eksekusi, diberi kesempatan 1 menit berbicara sebelum akhirnya dieksekuisi. Setelah pemain dieksekusi, maka waktu berlanjut dengan malam selanjutnya.
Dibangunkan setiap 3 malam
Moderator : "Soulkeeper, bangunlah pilihlah sepasang pemain yang ingin kau tukar jiwanya"
(Setalah menunjuk sepasang pemain, atau menggelengkan kepala sebagai tanda untuk tidak menggunakan kekuatannya)
Moderator : "Baiklah selamat menikmati kekacauan yang kau buat"
Setelah semua pemain dibangunkan satu persatu, moderator mengumumkan datangnya siang. Dan mengumumkan kejadian yang terjadi malam tadi.
Contoh isi pengumuman dari moderator
Malam tadi telah berlangsung banyak kejadian, antara lain:
1. Seer telah menemukan lawan/temannya.
2. Guardian berhasil / gagal melindungi warganya.
3. Werewolf berhasil/gagal memakan warga
4. Sorcerer berhasil/gagal menemukan seer. Sorcerer berhasil/gagal menemukan werewol.
5. Ada X pemain yang mati malam tadi, dan mengumumkan pemain yang mati. Pemain yang mati langsung meninggalkan permainan.
Setelah pengumuman dari moderator, para pemain dipersilakan untuk menyampaikan statemen masing-masing terkait kejadian malam sebelumnya (Maks 1 menit).
Setelah beradu argumen setiap pemain jika sepakat untuk melakukan voting, maka dilakukan voting. Jika tidak maka akan lanjut ke malam selanjutnya.
Jika terjadi Voting, maka lakukanlah Initial Voting dan setelah itu Final Voting.
Pemain yang hendak di eksekusi, diberi kesempatan 1 menit berbicara sebelum akhirnya dieksekuisi. Setelah pemain dieksekusi, maka waktu berlanjut dengan malam selanjutnya.
0 komentar